Pengaruh Penguatan Literasi melalui Program bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya

Suryani, . (2025) Pengaruh Penguatan Literasi melalui Program bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
judul.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Artikel Jurnal PENGARUH PENGUATAN LITERASI MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN PAKIS V SURABAYA.pdf

Download (537kB)
[img] Text
plagiasi .pdf

Download (189kB)
[img] Text
SURYANI_21650008.pdf

Download (789kB)
Official URL: https://uwks.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan literasi melalui program bimbingan belajar terhadap kesulitan membaca siswa kelas 1 di SDN Pakis V Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca permulaan yang dialami oleh sebagian siswa kelas 1, yang meliputi kesulitan mengenali huruf, merangkai suku kata, serta memahami bacaan sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan membaca (pretest dan posttest). Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas I yang mengalami kesulitan membaca, guru kelas, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan belajar mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa secara signifikan. Setelah pelaksanaan program selama delapan pertemuan, terdapat peningkatan kemampuan pada aspek pengenalan huruf, perangkaian suku kata, membaca kata dan kalimat sederhana, serta pemahaman isi bacaan. Selain itu, program ini juga berdampak positif terhadap motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa. Dengan demikian, penguatan literasi melalui program bimbingan belajar terbukti efektif dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 sekolah dasar.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Literasi, bimbingan belajar, kesulitan membaca, siswa kelas 1 SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: s.pd suryani uwks
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:55
Last Modified: 18 Sep 2025 03:55
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year