Tegu, Abdon Longginus (2025) penerapan strategi program literasi bagi para peserta didik di SMAK Frateran Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
![]() |
Text
Turnitin 25%.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
Turnitin 25% (2).pdf Download (52kB) |
Abstract
Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Program Literasi, Siswa Sekolah Perpustakaan merupakan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas pendukung kegiatan belajar siswa, memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Literasi Perpustakaan adalah kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis yang berbentuk fiksi maupun non-fiksi. Serta memahami cara menggunakan catalog dan indeks, juga kemampuan memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis dan karya ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang mempengaruhi sehingga program literasi tidak berjalan dengan lancar. Metode penelitan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitan ini adalah apa yang menjadi kendala dalam menerapkan program literasi bagi para siswa di SMAK Frateran Surabaya. informan berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan penerapan strategi program literasi bagi para peserta didik di SMAK Frateran Surabaya yaitu: mengalami kekurangan staf dalam mengelolah perpustakaan, koleksi buku yang terbatas dan kurang update, kurang kerja sama antara para guru dan pegawai perpustakaan dalam melakukan program literasi serta ruang perpustakaan yang sempit dan kurang nyaman bagi para siswa. Solusi dari kepala sekolah yaitu melakukan evaluasi menyeluruh kepada kepala perpustakaan dan para guru agar program ini dapat berjalan lancar untuk setiap tahunnya.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | 54 Abdon Longginus Tegu UWKS |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:17 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:17 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year