Putri, Nadya EkA (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI BERBASIS TEKNOLOGI EDUCANDY GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PLAGIASI 1.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
Abstract
Putri, Nadya Eka, 2025, Implementasi Game Edukasi Berbasis Teknologi Educandy Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pakis V Surabaya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing (I) Noviana Desiningrum, S.Pd., M. Pd dan Pembimbing (II) Leni Yuliana, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Game edukasi, Educandy. hasil belajar, teknologi pendidikan, pembelajaran interaktif, IPAS, sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi game edukasi berbasis teknologi Educandy dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakis V Surabaya, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta evaluasi pre test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Educandy mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Data observasi menunjukkan peningkatan antusiasme belajar siswa, sedangkan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 78 menjadi 93 setelah implementasi media pembelajaran. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penggunaan Educandy sangat positif, di mana mayoritas merasa lebih semangat, percaya diri, dan memahami materi dengan lebih baik. Dengan demikian, Educandy terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan hasil belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di sekolah dasar.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Game edukasi, Educandy. hasil belajar, teknologi pendidikan, pembelajaran interaktif, IPAS, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 Nadya Eka Putri uwks |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 05:26 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 05:26 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year