Isnaini, Della (2025) pengaruh model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis terhadap kemampuan membaca pemahaman murid kelas 5 sdn tembok dukuh IV/86 surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Download (14MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis, kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Murid kelas 5 di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman murid kelas 5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas 5 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya dengan jumlah 54 murid. Sampelnya adalah kelas 5A dengan jumlah 27 murid sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif terpadu dan kelas 5B dengan jumlah 27 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, analisis data dan pengujian hipotesis. Data dianalisis menggunakan uji-T untuk menentukan kinerja dengan membandingkan rata-rata tes akhir untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa yang diberikan perlakuan menggunakan Model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dibandingkan dengan kelas kontrol. Diperkuat dengan hasil uji T / hipotesis yang menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif terpadu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman murid.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis, kemampuan membaca pemahaman. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 Della Isnaini |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:51 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:51 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year