Widyawati, Indri (2024) : Pengembangan Media pembelajaran Berbasisi video Interaltif Edpuzzle pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text
LAPORAN PLAGIASI.pdf Download (8kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (531kB) |
|
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI (FULL).pdf Download (15MB) |
Abstract
Widyawati, Indri. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Edpuzzle Pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pembimbing : (I) Dra. Marmi, M.Si, (II) Pramita Laksitarahmi Isrianto, S.Si.,M.Si Pada zaman saat ini, media teknologi dalam media pembelajaran berkembang sangat pesat. Seiring zaman berkembang, Pendidikan mulai berkembang akibat dari adanya teknologi, dimulai dengan kegiatan belajar mengajar yang esensinya lebih aktif dan kreatif. Guru harus memiliki media pembelajaran yang tepat dan dapat membantu siswa mengoptimalkan kegiatan belajarnya sehingga dapat dilakukan dengan baik, benar, tepat, dan berhasil optimal. Penelitian terdahulu pada mengembangkan media pembelajaran video interaktif edpuzzle, mendapatkan hasil yang bagus dan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, akan tetapi penelitian ini melihat hasil belajar siswa dalam materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif edpuzzle. Penelitian ini dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya kelas X-1 dengan materi klasifikasi makhluk hidup. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan media pembelajaran berbasis video interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan suasana belajar dikelas. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, 5) evaluasi. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif untuk membahas permasalahan yang diusulkan. Hasil studi menunjukkan bahwa rancangan pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif edpuzzle yang telah didesain oleh peneliti memiliki hasil yang valid sehingga layak untuk diterapkan. Hasil validasi menunjukkan rata rata aspek peniliaan materi 87,5% dan media 87,5%. Hasil pengembangan pembelajaran berbasis video interaktif edpuzzle yang telah diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil rata rata 93,06 dan dan media pembelajaran berbassis video interaktif edpuzzle juga dapat meningkatkan suasana belajar yang baru di kelas X-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Kata Kunci: media pembelajaran, video interaktif edpuzzle dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program |
Depositing User: | Indri Widyawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:25 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17941 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year