Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya

Felany, Fitra (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univerity.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Cek plagiasi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Cek plagiasi full text.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (356kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Felany, Fitra. 2023. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I: Suhartono, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Endrayana Putut Laksminto Emanuel, S.Si., M.Si Rendahnya kemampuan siswa memahami konsep pembelajaran menjadi salah satu penyebab hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih menggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang efektif oleh pendidik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan EksperimenKuantitatif dengan desain One group pretest posttest. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya kemudian diambil sampel yaitu kelas VIII-F sebagai kelompok kelas yang diberi perlakuan. Hasil kempuan awal dari siswa sebesar 50,94 dan setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan RME dilakukan tes diperoleh rata�rata posttes sebesar 75,47. Hal ini menunjukkan ada peningkatan terhadap rata-rata siswa. Diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian, hipotesis pertama (H0) yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini dapat ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Fitra Felany
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:12
Last Modified: 12 Feb 2024 03:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15592

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year