Sentosa, Nichols Adrien (2021) Pengembangan Desain Kemasan Produk Softdrink dengan Penerapan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Pada PT. Oriental Langgeng Sentosa di Pekalongan). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
Skripsi Nicholas.pdf Download (1MB) |
|
Text
Laporan Cek Plagiasi.pdf Download (39kB) |
Abstract
Pengembangan Desain Kemasan Produk Softdrink dengan Penerapan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Pada PT. Oriental Langgeng Sentosa) Nicholas Adrien Sentosa, Endang Retno Wedowati, Diana Puspitasari Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya nicholasadriens@gmail.com ABSTRAK Minuman limun atau lemonade adalah salah satu minuman jaman dahulu yang sangat terkenal di pulau jawa pada era perjuangan hingga tahun 70-an, pada masanya minuman limun ini hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja, sehingga terkenal dengan sebutan “Aer Belanda” atau orang jawa menyebutnya “Banyu Londo”. Saat ini minuman limun sangat jarang dijumpai karena sedikitnya produsen yang mau menggelola minuman limun ini, salah satu perusahaan yang masih menggelola minuman limun adalah PT. Orienta Langgeng Sentosa Pekalongan yang memproduksi minuman limun dalam kemasan yang diberi merek Limun Oriental Cap Nyonya. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen terhadap produk kemasan minuman ini, yang kedua untuk menentukan atribut-atribut kemasan yang harus ditingkatkan pada produk minuman dari perusahaan Oriental langgeng sentosa, ketiga untuk mendapatkan prioritas tindakan respon teknis. Banyaknya persaingan produk sejenis membuat suatu perusahaan dituntut agar selalu isa memberikan yang terbaik, sehingga bisa memikat banyak konsumen. Hal inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan metode Quality Function Deployment (QFD) dimana dengan metode ini akan dikehatahui harapan dan keinginan konsumen untuk peningkatan desain kemasan Limun Oriental Cap Nyonya. Penelitian ini dilakukan di wilayah Pekalongan Jawa Tengah tepatnya di Jalan Rajawali Utara No. 15. Metode yang digunakan adalah metode Quality Function Deployment yang secara garis besar dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap pengupulan Voice of Customer, tahap penyusunan House of Quality, dan tahap analisus dan interpretasi. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara langsung terhadap konsumen menggunakan kuesioner.Data yang diperoleh dari kuesioner selanjutnya akan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui tingkat kevalidan pertanyaan pada kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini bersifat valid dan reliable. Berdasarkan perhitungan Technical Respon diperoleh urutan atribut yang dipentingkan. Ada tiga respon teknis yang perlu segera ditindaklanjuti untuk segera dilaksanakan oleh PT. Oriental Langgeng Sentosa dalam rangka memberikan kepuasan pada konsumen terhadap produk limun yaitu memperbesar ukuran kemasan, warna print 3 warna, warna tutup botol sesuai dengan varian rasa produk. Kata kunci: Limun Oriental Cap Nyonya, Qualiy Function Deployment, Voice of Customer, House of Quality.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Limun Oriental Cap Nyonya, Qualiy Function Deployment, Voice of Customer, House of Quality. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program |
Depositing User: | Nicholas Adrien Sentosa |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 05:51 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 05:51 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8076 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year