Utama, Anisa Nadila (2020) Analisis keunggulan kompetitif jahe Indonesia di pasar internasional. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
A. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
J. PCX REPORT HASIL PLAGIASI.pdf Download (419kB) |
Abstract
ABSTRAK Jahe digunakan sebagai bahan baku utama jamu dan obat tradisional. Indonesia merupakan salah satu produsen serta pengekspor jahe di dunia. Jahe sendiri tumbuh dengan baik di negara tropis seperti Indonesia. Kondisi ini cukup membuat Indonesia unggul dalam memproduksi jahe. Seringkali Indonesia mengalami fluktuasi dalam kegiatan ekspor jahe. Tingginya tingkat persaingan di tingkat regional mengharuskan negara Indonesia meningkatkan kualitas jahe indonesia agar dapat bertahan dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mengidentifikasi faktor – faktor yang memengaruhi keunggulan kompetitif jahe Indonesia di pasar internasional. Untuk melihat daya saing menggunakan analisis RCA (Revealed Comparative Advantage) kemudian di regresi menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komoditas jahe memiliki daya saing di pasar internasional dan ekspor komoditas jahe indonesia dipengaruhi oleh produksi jahe, volume ekspor jahe dan nilai tukar rupiah terhadap dollar.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keunggulan Kompetitif, Jahe, Pasar Internasional, RCA |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program |
Depositing User: | ANISA NADILA UTAMA |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 05:20 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 05:20 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7171 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year