Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya

Da Costa, Yuliana (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP BELAJARA MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI RELASI DAN FUNGSI SMP KATOLIK INDRIYASANA VII SURABAYA Yuliana Da Costa 22 Juli 2020 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Email : yulianadcosta29@gmail.com ABSTRAK Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun eksternal.Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran, dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswater libat secara aktif, dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi Relasi dan faungsi adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan, model pembelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving dengan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui materi Relasi dan Fungsi siswa kelas Vlll SMP Katolik Indriyasana Vll Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Katolik Indriyasana Vll Surabaya dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, Berdasarkan uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji t) diperoleh bahwa thitung < ttabel yaitu 0,521 < 2,145 artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pemebelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran tipe Creative Problem Solving,Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran tipe Creative Problem Solving,Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science
Depositing User: 63 Yuliana Da Costa UWKS
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:03
Last Modified: 04 Aug 2020 07:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year