Gerakan literasi sekolah sebagai sarana motivasi peningkatan minat baca siswa (studi kasus Siswa-Siswi di SDN Sawahan IV Surabaya)

Jedadu, Venansius Yansen (2020) Gerakan literasi sekolah sebagai sarana motivasi peningkatan minat baca siswa (studi kasus Siswa-Siswi di SDN Sawahan IV Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Cover-daftar lampiran.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan pusat informasi disekolah yang memberikan pelayanan optimal kepada siswa, sebagai tempat informasi yang dikumpulkan, diorganisasikan, dan disebarkan. Pengolahan perpustakaan, penyediaan tempat, penempatan petugas, penyediaan sarana dan prasarana, masih terkesan seadanya. Rumusan masalah adalah tentang bagaimana perkembangan gerakan literasi sekolah dalam peningkatan motivasi siwa di SDN Sawahan IV Surabaya. Dengan tujuan sebagai berikut : (1) untuk mengetahui pembiasaan program literasi di SDN Sawahan IV Surabaya, (2) untuk mengetahui pengembangan program literasi di SDN Sawahan IV Surabaya, dan (3) untuk mengetahui pembelajaran program literasi di SDN Sawahan IV Surabaya. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif. Penetapan informan dengan prosedur purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitian sebagai berikut : (1) perpustakaan SDN Sawahan IV Surabaya telah berhasil dalam pembiasaan literasi di lingkungan sekolah. Dari kegiatan-kegiatan yang ada diperpustakaan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Misalkan saja kegiatan story telling dan layanan sirkulasi yang berjalan setiap hari, (2) berhasil dalam melaksanakan pengembangan literasi di lingkungan sekolah. Dengan beberapa inovasi kegiatan, yakni pemutaran film dan kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh perwakilan siswa-siswi yang didampingi oleh guru dan petugas perpustakaan., dan (3) berhasil dalam melakukan pembelajaran literasi di sekolah. Dengan melakukan varisasi dalam teknik membaca agar siswa mampu memahami dari setiap pembelajaran yang dilakukan, dan pembuatan madding yang secara tidak langsung melatih dan mendidik siswa agar mampu bekerjasama dalam tim dan melatih sikap bertanggungjawab mereka akan pekerjaan yang sedang mereka kerjakan. Para siswa juga dilatih untuk menyeleksi informasi yang dibutuhkan mereka untuk bahan membuat madding.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah, dan Motivasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Venansius Y.Jedadu
Date Deposited: 11 Feb 2020 05:08
Last Modified: 11 Feb 2020 05:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year