Permanasari, Maria Goretie Intan (2019) Deskripsi kemampuan menulis laporan asuhan keperawatan (Studi kasus pada mahasiswa program studi keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK INTAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maria Goretie Intan P., 2019. Deskripsi Kemampuan Menulis Laporan Asuhan Keperawatan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya) Jurusan Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : (I) Fahriyah, S.Sos, MA., (II) Drs. Bakhtiyar, S.Sos., M.IP. Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Asuhan Keperawatan Keterampilan untuk membuat tulisan ilmiah merupakan sesuatu yang dianggap penting baik bagi dunia akademik maupun bagi dunia kerja. Kemampuan menulis penting dipelajari oleh mahasiswa, karena jika mahasiswa terbiasa menulis makalah atau tugas asuhan keperawatan dengan baik, maka mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan ketika menulis sebuah tulisan ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan mahasiswa dalam menulis asuhan keperawatan di STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya. Peneliti menggunakan desain deskriptif kuantitatif, dengan variabel kemampuan menulis asuhan keperawatan pada 60 mahasiswa Prodi Keperawatan sebagai populasi penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan tehnik undian dengan besar sample berdasarkan hasil perhitungan adalah 52 responden, pengumpulan data dilakukan melalui lembar penilaian dengan skala data ordinal. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebanyak 48 (92,33%) responden memiliki kemampuan penulisan asuhan keperawatan pada kategori sangat baik dan terdapat 4 (7,77%) responden memiliki kemampuan penulisan asuhan keperawatan pada kategori baik. Kemampuan menulis asuhan keperawatan yang sangat baik tidak lepas dari tingginya minat baca mahasiswa serta seringnya mahasiswa mendapat tugas terbimbing dari dosen sehingga kemampuan menulis responden meningkat. Untuk tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dapat melalui peningkatan minat baca sehingga dosen diharapkan tetap memberikan motivasi untuk mempergunakan perpustakaan semaksimal mungkin dan memperhatikan serta mempertahankan dalam memberikan bimbingan dan dukungan bagi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menulis, Asuhan Keperawatan |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | Maria Goretie Intan P. |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 05:43 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 05:43 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4574 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year