Rahmawati, Dwi nur (2018) Penerapan model pembelajaran course review horay (crh) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
file 2.pdf Download (788kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, Dwi Nur. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Pada Siswa Kelas V SD Al-Manar Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Dra. Bekti Wirawati, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Friendha Yuanta, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Course Review Horay (CRH) dan Hasil Belajar Proses pembelajaran kelas V SD Al-Manar Surabaya tahun ajaran 2017-2018 materi perpindahan kalor di sekitar kita hanya mengguanakan metode ceramah yang membuat siswa cepat bosan dan pasif, sehingga siswa sulit menerima pelajaran dengan baik dan hasil belajar kurang dari KKM. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang menarik agar siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan. Model pembelajaran yang tapat digunakan ialah model pembelajaran course review horay (CRH). Penerapan model pembelajaran course review horay ini dapat memfokuskan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa akan lebih mudah menerima materi dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar serta aktivitas siswa yang setelah diterapkan model pembelajaran course review horay (CRH) mata pelajaran IPA materi Perpindahan Kalor di Sekitar Kita pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 75%. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas V-B SD Al-Manar Surabaya yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan siklus I 70,65% dan siklus II 90,21%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan siklus I 64,28% dan siklus II 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perpindahan kalor di sekitar kita pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay (CRH) dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program |
Depositing User: | Dwi Nur Rahmawati |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:47 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2215 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year