Purwono, Devano (2025) PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN SUNGAI KALI KONTENG SLEMAN DENGAN BENTANG 60 METER MENGGUNAKAN BOX GIRDER BAJA MULTI-CELL. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK new.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
turnitin print.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
turnitin.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
![]() |
Text
JURNAL DEVANO PURWONO 21110032.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
Abstract
Perencanaan ulang struktur atas Jembatan Sungai Kali Konteng di Kabupaten Sleman dilakukan untuk menggantikan bentang eksisting 50 meter menjadi 60 meter dengan sistem box girder baja multi-sel sebagai struktur utama. Perencanaan mengacu pada SNI 1725:2016, SNI 2833:2016, dan AASHTO LRFD 2012. Dimensi box girder yang dirancang memiliki tinggi 2,7 m, lebar 2,5 m, dan tebal pelat flens 25 mm. Analisis pembebanan meliputi beban mati, beban hidup lajur D dan truk T, temperatur, serta gaya rem. Hasil perhitungan menunjukkan momen ultimate (Mu) sebesar 12.473,43 kNm dan gaya geser maksimum (Vu) sebesar 1.723,16 kN. Kapasitas penampang terhadap momen nominal (Mn) sebesar 13.271,83 kNm dan gaya geser nominal (Vn) sebesar 2.358,62 kN. Struktur dinyatakan aman terhadap lendutan, tekuk lokal, serta tekuk lateral-torsional. Untuk koneksi antar elemen, digunakan baut mutu tinggi berdiameter 22 mm dan las sudut minimum 6 mm. Shear connector tipe stud diameter 19 mm dipasang sebanyak 134 buah per girder, dihitung berdasarkan kebutuhan geser horizontal akibat aksi komposit. Elemen pengaku melintang (cross frame), transverse stiffener, top strut, dan lateral bracing dirancang terhadap gaya aksial maksimum dengan kontrol kelangsingan dan ketebalan profil. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa box girder baja multi-sel mampu menahan beban kerja sesuai regulasi serta memberikan keunggulan dalam efisiensi fabrikasi, pemasangan modular, dan perawatan jangka panjang. Struktur ini dinyatakan layak untuk diterapkan pada jembatan bentang menengah di jaringan jalan tol nasional.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Box Girder Baja, SNI 1725 – 2016, SNI 2833 – 2016, AASHTO LRFD Bridge Specification 6Th Edition 2012 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | 11 Devano Purwono UWKS |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:47 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:47 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year