PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN SUNGAI KALI KONTENG SLEMAN DENGAN BENTANG 60 METER MENGGUNAKAN BOX GIRDER BAJA MULTI-CELL

Purwono, Devano (2025) PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN SUNGAI KALI KONTENG SLEMAN DENGAN BENTANG 60 METER MENGGUNAKAN BOX GIRDER BAJA MULTI-CELL. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK new.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
turnitin print.pdf

Download (142kB)
[img] Text
turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL DEVANO PURWONO 21110032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan ulang struktur atas Jembatan Sungai Kali Konteng di Kabupaten Sleman dilakukan untuk menggantikan bentang eksisting 50 meter menjadi 60 meter dengan sistem box girder baja multi-sel sebagai struktur utama. Perencanaan mengacu pada SNI 1725:2016, SNI 2833:2016, dan AASHTO LRFD 2012. Dimensi box girder yang dirancang memiliki tinggi 2,7 m, lebar 2,5 m, dan tebal pelat flens 25 mm. Analisis pembebanan meliputi beban mati, beban hidup lajur D dan truk T, temperatur, serta gaya rem. Hasil perhitungan menunjukkan momen ultimate (Mu) sebesar 12.473,43 kNm dan gaya geser maksimum (Vu) sebesar 1.723,16 kN. Kapasitas penampang terhadap momen nominal (Mn) sebesar 13.271,83 kNm dan gaya geser nominal (Vn) sebesar 2.358,62 kN. Struktur dinyatakan aman terhadap lendutan, tekuk lokal, serta tekuk lateral-torsional. Untuk koneksi antar elemen, digunakan baut mutu tinggi berdiameter 22 mm dan las sudut minimum 6 mm. Shear connector tipe stud diameter 19 mm dipasang sebanyak 134 buah per girder, dihitung berdasarkan kebutuhan geser horizontal akibat aksi komposit. Elemen pengaku melintang (cross frame), transverse stiffener, top strut, dan lateral bracing dirancang terhadap gaya aksial maksimum dengan kontrol kelangsingan dan ketebalan profil. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa box girder baja multi-sel mampu menahan beban kerja sesuai regulasi serta memberikan keunggulan dalam efisiensi fabrikasi, pemasangan modular, dan perawatan jangka panjang. Struktur ini dinyatakan layak untuk diterapkan pada jembatan bentang menengah di jaringan jalan tol nasional.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Box Girder Baja, SNI 1725 – 2016, SNI 2833 – 2016, AASHTO LRFD Bridge Specification 6Th Edition 2012
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: 11 Devano Purwono UWKS
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:47
Last Modified: 10 Oct 2025 02:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year