Firdaus, Nafilah Alifta (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
abstrak nafilah .pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
bab 1 naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 2 naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 3 naf .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 4 naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 5 naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
![]() |
Text
dapus naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
![]() |
Text
lampiran naf.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Nafilah_Alifta_Turnitin%5B1%5D.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Jurnal Skripsi_Nafilah Alifta Firdaus.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya pencapaian hasil belajar IPAS di jenjang sekolah dasar secara nasional menjadi isu penting yang menuntut adanya inovasi dalam pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 4 di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya, khususnya pada topik perubahan bentuk energi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group, melibatkan total 52 siswa (26 siswa dalam kelompok eksperimen dan 26 siswa dalam kelompok kontrol). Instrumen yang digunakan mencakup tes hasil belajar (15 soal: 10 pilihan ganda dan 5 uraian), lembar observasi, serta panduan wawancara yang telah melalui proses validasi oleh pakar. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas, dan uji-t independent sample. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang sigifikan antara kedua kelompok dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,005, yang menunjukkan bahwa PBL secara signifikansi meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat pada kemampuan memahami konsep, penerapan pengetahuan, serta keterampilan dalam memecahkan masalah. Temuan ini memperkuat relevansi model PBL dalam Kurikulum Merdeka guna menciptakan pembelajaran IPAS yang lebih efektif dan berorientasi pada siswa.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar IPAS, Kelas 4, SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Spd Nafilah Nafilah Alifta Firdaus |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:35 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year