Pengaruh Implementasi Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pada Roti John di Driyorejo, Gresik

DARMAWAN, JOSEPHINE DENNISE DARMAWAN (2025) Pengaruh Implementasi Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pada Roti John di Driyorejo, Gresik. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.. (1).pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
TURNITIN FULL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing (X1) dan Customer Relationship Marketing (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada usaha Roti John di Driyorejo, Gresik. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode random sampling yang melibatkan 100 responden konsumen Roti John. Pengolahan data dilakukan menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 20 melalui uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Secara parsial, kedua variabel tersebut juga memberikan kontribusi positif, dengan Digital Marketing memengaruhi kemudahan akses informasi dan interaksi online, sementara CRM memperkuat loyalitas konsumen melalui komunikasi yang personal dan pelayanan yang responsif. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi pemasaran berbasis digital dan hubungan pelanggan yang kuat menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan dan daya saing UMKM di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontrobusi bagi pengembangan strategi pemasaran UMKM, khususnya dalam sektor kuliner lokal. Kata kunci: Digital Marketing, Customer Relationship Marketing, Kepuasan Konsumen, UMKM, Roti John

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Supriyo .
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:22
Last Modified: 01 Oct 2025 03:22
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21339

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year