Penggunaan Tas Branded Sebagai Pembentukan Identitas Diri Pada Kelompok "Geng Sugar Mommy" Surabaya

Sefianang, Dea (2025) Penggunaan Tas Branded Sebagai Pembentukan Identitas Diri Pada Kelompok "Geng Sugar Mommy" Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
daftar gambar - daftar tabel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penggunaan tas branded secara umum memiliki makna bukan hanya sekedar alat untuk membawa barang. Tas branded juga menjadi bagian penting dari gaya hidup modern dan simbol status sosial, tas branded juga dapat menjadi aset berharga yang nilai jualnya dapat meningkat seiring waktu. Penelitian “Penggunaan Tas Branded Sebagai Pembentukan Identitas Diri Pada Kelompok “Geng Sugar Mommy” Surabaya” ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang Kelompok “Geng Sugar Mommy” menggunakan tas branded dan untuk mendeskripsikan kelompok “Geng Sugar Mommy” menggunakan tas branded sebagai pembentukan identitas diri. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif, informan pada penelitian ini ialah sepuluh anggota kelompok “Geng Sugar Mommy” dan dua teman sebaya anggota kelompok “Geng Sugar Mommy”, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang kelompok “Geng Sugar Mommy” menggunakan tas branded adalah pertama, mengimitasi teman sesama anggota kelompok “Geng Sugar Mommy” menjadi peran penting dalam individu yang ingin menggunakan tas branded. Kedua, mengikuti background keluarga juga dapat berkontribusi pada penggunaan tas branded. Ketiga, tas branded sebagai penyempurna penampilan bagi anggota kelompok. Bentuk identitas diri pada kelompok “Geng Sugar Mommy” menggunakan tas branded terbagi menjadi tiga bentuk yaitu, pada saat hangout, pada saat pesta dan pada saat kegiatan perkuliahan. Kelompok “Geng Sugar Mommy” menggunakan tas branded pada saat hangout sebagai simbol prestise yang menegaskan eksistensi dalam kegiatan non-formal. Pada saat pesta, tas branded menjadi simbol estetika, prestise, dan status sosial yang menonjolkan citra glamor serta kesuksesan anggota kelompok. Sedangkan di saat kegiatan perkuliahan, tas branded berperan sebagai simbol kebanggaan dan pembeda identitas diri.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Sociology Study Program
Depositing User: Dea Sefianang
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:36
Last Modified: 09 Oct 2025 03:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21044

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year