yulfa, okta indana (2025) Penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan berbasis pengelolaan sampah terhadap kreativitas siswa kelas II SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAKK.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB 1..pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB 2 .pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PROSENTASE.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema Gaya Hidup Berkelanjutan terhadap kreativitas siswa kelas II di SDN Pakis V Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa, sebanyak 3 siswa (13,6%) tergolong sangat kreatif, 3 siswa (13,6%) kreatif, 13 siswa (59,1%) cukup kreatif, dan 3 siswa (13,6%) kurang kreatif. Tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori sangat kurang kreatif. Mayoritas siswa telah menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam berbagai aspek seperti kelancaran, keaslian, dan elaborasi ide. Pelaksanaan proyek berbasis pengelolaan sampah memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat dalam penyelesaian masalah nyata di lingkungan sekitar, sehingga kreativitas mereka berkembang secara bertahap. Peran guru dalam memberikan stimulus, ruang eksplorasi, dan umpan balik positif turut mendorong keberanian siswa dalam mengekspresikan gagasan dan menghasilkan karya. Temuan ini memperkuat teori Guilford dan Munandar yang menyatakan bahwa kreativitas dapat dilatih melalui pengalaman belajar kontekstual dan dukungan lingkungan yang kondusif. Namun, masih ditemukan siswa yang kurang percaya diri atau cenderung meniru karya teman, sehingga diperlukan pendekatan pembimbingan yang lebih personal. Kesimpulannya, pelaksanaan proyek P5 tidak hanya mendukung pengembangan karakter, tetapi juga secara nyata meningkatkan kreativitas siswa dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | okta indana yulfa |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:21 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year