Ayiyida, Ifa (2025) Pengaruh Media Pembelajaran YouTube Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa kelas 3 SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
abstrak ifa.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
bab 1 ifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
Text
bab 2 ifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
![]() |
Text
bab 3 ifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
![]() |
Text
bab 4 ifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
![]() |
Text
bab 5 ifa.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
dapus ifa.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN IFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
TURNITIN IFA 1.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Ifa_Ayiyida_21650036.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Jurnal Ifa Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
Abstract
Ayiyida, Ifa, 2025, Pengaruh Media Pembelajaran Youtube Terhadap Hasil Belajar Ipas Pada Siswa Kelas Iii Sdn Pakis V Surabaya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing 1 Dr. Savitri Suryandari, S.Psi., M.Psi. dan Pembimbing 2 Desi Eka Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran youtube, hasil belajar, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas 3 SDN Pakis V Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media YouTube dan variable terikatnya adalah hasil belajar IPAS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Pakis V Surabaya dengan jumlah 60 siswa. Sampelnya adalah kelas 3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran YouTube dan 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh analisis data dan pengujian hipotesis. Data dianalisis menggunakan uji-T untuk menentukan kinerja dengan membandingkan rata-rata akhir untuk kelompok eskperimen dan kontrol. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar IPAS siswa yang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran YouTube dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional. Diperkuat dengan hasil Uji T hipotesis yang menunjukan bahwa nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,005, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa. xii
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran youtube, hasil belajar, IPAS |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | S.Pd Ifa Ayiyida |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:32 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year