Utami, Alan Surya Utami (2025) Pengembangan Buku Cerita Digital Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dan Toleransi Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Murid Kelas 1 SDN Pengangsalan 1 Lamongan. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI .pdf Download (726kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, Alan Surya, 2025, Pengembangan Buku Cerita Digital Interaktif Bermuatan Nilai Karakter Dan Toleransi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Murid Kelas 1 SDN Pengangsalan 1 Lamongan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing (I) Reza Syehma Bahtiar, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.P. Kata kunci: Buku Cerita Digital Interaktif, Nilai Karakter Dan Toleransi, Membaca, Dan Menulis, Kelas 1 SD. Penelitian ini di dasari rendahnya keterampilan literasi dasar murid serta minimnya penggunaan bahan ajar berbasis teknologi di sekolah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan buku cerita digital interaktif yang memuat nilai karakter dan toleransi guna meningkatkan kemampuan membaca dan menulis murid kelas 1 di SDN Pengangsalan 1 Lamongan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah murid kelas 1 SD, guru kelas, serta ahli media dan materi. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, tes kemampuan membaca dan menulis, serta observasi selama proses uji coba produk. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku cerita digital interaktif ini memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik menurut ahli media dengan presetanse 95,33% dan materi 87,5%. Penggunaan buku tersebut dalam proses pembelajaran juga terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis murid, yang ditunjukkan oleh peningkatan skor pretest dan posttest yang mengalami peningkatan 22,4%. Buku cerita digital yang dikembangkan menggabungkan elemen visual, audio, dan aktivitas interaktif yang mendukung gaya belajar murid serta menanamkan nilai karakter dan toleransi sejak dini. Kesimpulannya, bahan ajar ini layak dan efektif digunakan sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah. ABSTRACT Utami, Alan Surya, 2025, Pengembangan Buku Cerita Digital Interaktif Bermuatan Nilai Karakter Dan Toleransi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Murid Kelas 1 SDN Pengangsalan 1 Lamongan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing (I) Reza Syehma Bahtiar, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.IP. Keywords: Interactive Digital Storybook, Character Values and Tolerance, Reading and Writing, First Grade Elementary School. This research was based on the low level of basic literacy skills in students and the minimal use of technology-based teaching materials at the school. The aim of this study was to develop an interactive digital storybook containing character values and tolerance to improve the reading and writing skills of first-grade students at SDN Pengangsalan 1 Lamongan. The method used was Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The subjects were first-grade elementary school students, classroom teachers, and media and materials experts. Data collection instruments included questionnaire validation, reading and writing ability tests, and observations during the product trial. The validation results showed that this interactive digital storybook had a very good level of feasibility according to media experts, with a percentage of 95.33% and material experts at 87.5%. The use of this book in the learning process has also proven effective in improving students' reading and writing skills, as demonstrated by a 22.4% increase in pretest and posttest scores. This digital storybook combines visual elements, audio, and interactive activities to support students' learning styles and instill character and tolerance values from an early age. In conclusion, this teaching material is suitable and effective for use as a teaching aid in Indonesian language learning in lower grades.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Digital Interaktif, Nilai Karakter Dan Toleransi, Membaca, Dan Menulis, Kelas 1 SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Alan Surya Utami |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:41 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:41 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year