Implementasi Gamifikasi Pada Platform Pembelajaran Matematika Anak Sekolah Dasar Berbasis Web Mobile

Pratama, Suria Andi (2025) Implementasi Gamifikasi Pada Platform Pembelajaran Matematika Anak Sekolah Dasar Berbasis Web Mobile. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1 .pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar sering kali menjadi tantangan yang cukup besar, baik bagi siswa maupun bagi para guru. Banyak siswa menganggap bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan bahkan menakutkan, sehingga hal ini dapat menurunkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan elemen-elemen gamifikasi ke dalam sebuah platform pembelajaran matematika yang berbasis web mobile, yang dirancang khusus untuk siswa Sekolah Dasar kelas 5. Penggunaan elemen-elemen gamifikasi seperti sistem poin, level, badge, tantangan, dan leaderboard diintegrasikan secara menyeluruh untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Dengan menggabungkan aspek pendidikan dengan unsur hiburan melalui pendekatan gamifikasi, platform ini diharapkan dapat menjadi alat bantu belajar yang tidak hanya efektif secara akademis, tetapi juga mampu meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, platform ini juga diharapkan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan lebih percaya diri dalam memahami konsep-konsep matematika yang diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gamifikasi pada platform pembelajaran berbasis website mobile yang dikembangkan berhasil memadukan masalah non game dan element game dengan baik. Berdasarkan pengujian black box, dari 50 skenario percobaan 96% sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Web mobile, Gamifikasi, Matematika.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: SURIA ANDI PRATAMA
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:06
Last Modified: 11 Sep 2025 05:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year