Gambaran Kepatuhan dan Kepuasan Terhadap Terapi Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya Periode Oktober-Desember 2023.

Lali, Maria Celina (2024) Gambaran Kepatuhan dan Kepuasan Terhadap Terapi Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya Periode Oktober-Desember 2023. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah yang berlangsung secara terus-menerus hingga melebihi ambang batas normal. Tekanan darah tidak normal ketika mencapai 140/90 mmHg. Kepatuhan terhadap terapi pada pasien sangat penting karena meskipun hipertensi tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan dan kepuasan terhadap terapi hipertensi pada pasien hipertensi di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya selama periode Oktober-Desember 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 50 pasien hipertensi yang berobat di Puskesmas Dukuh Kupang. Tingkat kepatuhan diukur menggunakan Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) dan tingkat kepuasan pasien diukur menggunakan Treatment Satisfaction Questionnaire for Medication (TSQM). Hasil: Dari 50 pasien yang berpartisipasi, 28% menunjukkan tingkat kepatuhan tinggi, 36% sedang, dan 36% rendah. Kepuasan pasien terhadap layanan terapi obat hipertensi secara keseluruhan berada pada tingkat sangat puas dengan 74% pasien merasa cukup puas, 26%. Kesimpulan: Tingkat kepatuhan dan kepuasan terapi hipertensi pada pasien di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya selama periode Oktober-Desember 2023 cukup baik. Namun, masih diperlukan untuk pasien dengan kepatuhan rendah dan mereka yang kurang puas dengan layanan, melalui edukasi yang lebih intensif dan perbaikan kualitas layanan kesehatan.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Kepatuhan terapi, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Lali Maria Celina .
Date Deposited: 11 Apr 2025 03:15
Last Modified: 11 Apr 2025 03:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year