chandra, wisnu (2025) Kontrusi Sosial Tentang Pembelian Sparepart dan Aksesoris Sepeda Fixie Bagi Komunitas Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
CEK PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text
JURNAL SKRIPSI W.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
![]() |
Text
Abstrak (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) |
Abstract
Abstrak : Penelitian ini membahas konstruksi sosial dalam pembelian aksesoris dan sparepart bagi penggemar sepeda fixie di Surabaya, dengan fokus pada komunitas Bird Fixed Gear (BFG). Sepeda fixie bukan hanya alat transportasi, tetapi juga bagian dari gaya hidup yang mencerminkan identitas dan ekspresi diri penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah unyuk memahami bagaimana faktor sosial, budaya, dan komunitas memengaruhi keputusan pembelian aksesoris dan sparepart sepeda fixie. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apa yang melatarbelakangi anggota komunitas Bird Fixed Gear (BFG) dalam membeli sparepart dan aksesoris sepeda fixie. Dan bagaimana konstruksi sosial tentang pembelian aksesoris dan sparepart bagi penggemar sepeda fixie di Surabaya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Informan dari penelitian ini adalah 6 anggota komunitas Bird Fixed Gear (BFG) Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan pembelian tidak hanya didasarkan pada kebutuhan teknis, tetapi juga dipengaruhi oleh tren estetika, rekomendasi komunitas, dan nilai sosial yang berkembang dalam subkultur fixie. Komunitas berperan sebagai agen sosial yang membentuk preferensi anggotanya melalui interaksi sosial, diskusi, serta berbagai pengalaman dalam memilih aksesoris dan sparepart yang sesuai dengan gaya dan identitas mereka. Kata kunci : Konstruksi Sosial, Komunitas, Sepeda Fixie, Sparepart
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Sociology Study Program |
Depositing User: | 51 Wisnu chandra tira Uwks |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:30 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:30 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year