Pakro, Awalia Nanda Rahmawati (2025) Hubungan Pemahaman Mahasiswa Yang Memprogram Mata Kuliah CSP (Clinical Skill Program) Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian OSCE Blok Reproduksi 2 Pada Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK-.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB-7.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
Pendahuluan: Mahasiswa yang mampu dan terampil melakukan keterampilan klinis saat menempuh ujian OSCE, harus lebih siap melakukan latihan secara mandiri tanpa didampingi seorang dosen atau dokter. Dengan demikian keterbatasan pemahaman mahasiswa dalam mempelajari keterampilan klinis tidak berhenti disitu, ketidakseragaman pemaparan checklist dan langkah-langkah keterampilan klinis yang diajarkan dosen di satu kelompok dan di kelompok lainnya berbeda. Keterbatasan lain yang muncul adalah perbedaan cara mengajar dosen yang berbeda misalnya, ada kelompok yang dosennya hanya menyuruh menonton video saja tetapi tidak menyuruh melakukan praktek keterampilan klinis, dosen yang hanya bermain hp, selain itu ada PPT yang kurang jelas dan check list yang kurang lengkap. Hal itu sering menyebabkan kebingungan antara mahasiswa yang satu dengan yang lainnya dalam menentukan langkah mana yang tepat dan sesuai dengan apa yang diujikan pada saat ujian OSCE. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti merasa tertarik untuk menganalisis lebih lanjut mengenai hubungan pemahaman mahasiswa yang memprogram mata kuliah CSP (Clinical Skill Program) terhadap tingkat kelulusan ujian OSCE Blok Reproduksi 2 khususnya pada Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang sudah menjalani pembelajaran CSP Blok Reproduksi 2 Angkatan 2021 dan sudah mengikuti ujian OSCE dengan sampel yang diambil untuk penelitian ini sebesar 97 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi Analisis data penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson. Hasil : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mahasiswa yang memprogram mata kuliah CSP dengan tingkat kelulusan ujian OSCE Blok Reproduksi 2. Dengan nilai r =-0,101 dan nilai p = 0,326. Kesimpulan: pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah CSP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap apakah mereka lulus atau tidak dalam ujian OSCE. Kata Kunci: Mata Kuliah CSP (Clinical Skill Program), Kelulusan Ujian Osce Blok Reproduksi 2, Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine > Medicine Study Program |
Depositing User: | Awalia Nanda Rahmawati Pakro |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:35 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:35 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year