PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DI JALAN RAYA LONTAR KOTA SURABAYA DENGAN METODE AASHTO 1993

Ananda, Bryan Fitra (2024) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DI JALAN RAYA LONTAR KOTA SURABAYA DENGAN METODE AASHTO 1993. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf

Download (9MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI FULL.pdf

Download (13MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (16kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Perencanaan pembangunan Ruas Jalan Raya Lontar Kota Surabaya merupakan jalan lokal yang berubah fungsi menjadi jalan kolektor dan salah satu jalan di kecamatan sambikerep yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi. Diperlukan perencanaan peningkatan jalan berupa perkerasan kaku di ruas jalan tersebut agar dapat umur rencana jalan menjadi lebih lama dan mengurangi kemacetan lalu lintas dilokasi tersebut. Pada perencanaan rigid pavement ini digunakan metode AASHTO 1993. Berdasarkan dari perhitungan analisa kapasitas jalan direncanakan jalan 4/2 TT dengan lebar jalan 14 meter dari jalan 2/2 TT dengan lebar jalan 7 meter. Nilai Derajat Kejenuhan (DJ) dari tahun 2023-2043 berada pada nilai < 0,85 yang mampu menampung arus lalu lintas hingga 20 tahun, sedangkan untuk tahun 2044 -2063 diketahui nilai DJ > 0,85 yang berarti tidak dapat menampung arus lalu lintas hingga umur rencana atau membutuhkan pelebaran jalan atau alternatif lain seperti jalan layang atau flyover. Hasil perhitungan lain mengenai tebal perkerasan kaku didapatkan tebal perkerasan 31 cm dengan lapisan base 16 cm. Sementara, untuk sambungan dowel berdiameter 38 mm dengan panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Sambungan memanjang batang tie bars berdiameter 13 mm dengan panjang 650 mm dengan jarak batang pengikat 600 mm. Tulangan melintang 12-250 mm. Tulangan memanjang 12-250 mm. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan perkerasan kaku diketahui anggaran pembangunan sebesar Rp 25.709.782.000,- (Dua Puluh Lima Milyar Tujuh Ratus Sembilan Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Dua Ribu Rupiah) Kata Kunci: Perkerasan Kaku, AASHTO 1993, Manual Desain Perkerasan 2017, Rencana Anggaran Biaya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, AASHTO 1993, Manual Desain Perkerasan 2017, Rencana Anggaran Biaya
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: S.T Bryan Fitra Ananda
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:15
Last Modified: 19 Sep 2024 04:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19102

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year