Asmaul, Chusnah (2024) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DASAR SISWA KELAS V SDN PAKIS V SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL_PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DASAR - 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
TURNITIN.pdf Download (19kB) |
|
Text
TURNITIN FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung perkalian di kelas V SDN Pakis V Surabaya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dasar dengan menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini dilakukan di SDN Pakis V Surabaya. Kelas yang diteliti kelas VB dan VD dengan jumlah siswa sebanyak 31orang tiap kelas. Penelitian ini dimulai pada akhir bulan Mei, tepatnya pada tanggal 16 dan 17 Mei 2024. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen soal Pre-Test dan Post-Test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab IV, maka tujuan penelitian telah tercapai. Sebab dari data diketahui rata-rata kemampuan siswa sebelum penerapan metode jarimatika (Pre-Test) hanya tercapai pada nilai rata-rata kelas kontrol 58,06 dan kelas eksperimen 61,61. Kemudian setelah diterapkan metode jarimatika (Post-Test), rata-rata kelas kontrol 68,71 dan kelas eksperimen 82,58, diperoleh skor rata-rata dengan kategori lebih tinggi. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji validitas Pre-Test dan Post-Test, Uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil perhitungan Uji T menunjukkan nilai Sig. (2tailed) 0,004 < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian dasar siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Asmaul Chusnah Chusnah |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 06:07 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:07 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18835 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year