ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL JALAN RAYA MENGANTI - JALAN RAYA DARKUN, GRESIK BERDASARKAN PKJI 2014

Sarlan, Hosea Elbert Rismaharjo (2024) ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL JALAN RAYA MENGANTI - JALAN RAYA DARKUN, GRESIK BERDASARKAN PKJI 2014. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran-2_merged.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin prosentase.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Cek Plagiasi Tugas Akhir Hosea.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan situasi di mana kendaraan tidak dapat bergerak dengan lancar atau terhambat di jalan raya. Kemacetan juga terjadi di simpang empat Jalan Raya Menganti – Jalan Raya Darkun. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014) adalah panduan terbaru yang digunakan di Indonesia untuk menghitung kapasitas jalan dan memprediksi tingkat kemacetan lalu lintas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penyebab kemacetan pada simpang empat Jalan Raya Menganti – Jalan Raya Darkun dengan mencari nilai Derajat Kejenuhan (DJ) sebagai indikator tingkat kemacetan lalu lintas dan Tingkat Pelayanan / Level of Service (LOS) sebagai indikator tingkat kepadatan arus volume lalu lintas untuk mendapatkan sebuah solusi untuk mengatasi kemacetan di simpang empat tersebut sehingga kemacetan dapat diatasi. Berdasarkan hasil dan analisis data, didapatkan bahwa derajat kejenuhan (DJ) pada kondisi existing sebesar 1,22 > 0,85. Sehingga diperlukan solusi dan melakukan perhitungan perencanaan untuk menurunkan nilai DJ. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan, didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) berhasil turun menjadi 0,83 < 0,85, Tundaan Lalu Lintas Simpang (TLL) 10,03, Tundaan Lalu Lintas Jalan Mayor (TLLma) 7,38, Tundaan Lalu Lintas Jalan Minor (TLLmi) 15,52, Tundaan Geometri Simpang (TG) 4, Tundaan Simpang (T) 14,03, Peluang Antrian (PA) 27% - 49% dan Tingkat pelayanan / Level of Service (LOS) tingkat D. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dipastikan bahwa kondisi simpang empat tersebut tidak mengalami kemacetan dengan tundaan dan antrian kendaraan yang normal dan tidak padat.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: 11 Hosea Elbert Risma Harjo Sarlan UWKS
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:31
Last Modified: 04 Jul 2024 02:31
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year