Saputra, Moh. Afif Riskian (2024) STRATEGI PELAYANAN GURU PENDAMPING DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN KESEJAHTERAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPN 46 SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
Abstrak.pdf Download (888kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (518kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (690kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Download (29kB) |
|
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI FULL.pdf Download (18MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (604kB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi pelayanan merupakan rencana dan pendekatan yang dirancang untuk memberikan layanan yang efektif dan berkualitas kepada individu dan kelompok dalam upaya membantu dan memenuhi kebutuhan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Anak Berkebutuhan Khusus merupakan anak yang mengalami keterbatasan, kekurangan baik dilihat dari keadaan fisik, mental-intelektual, sosial, maupun dari segi emosional yang sangat berpengaruh terutama secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang sesuai dengannya. kesiapan dan kemampuan individu untuk berdiri sendiri yang ditandai dengan keberanian mengambil inisiatif, mencoba mengatasi masalah tanpa minta bantuan orang lain, berusaha, dan mengarahkan tingkah laku menuju kesempurnaan Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan strategi pelayanan guru pendamping dalam menumbuhkan kemandirian kesejahteraan Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 46 Surabaya dan kendala-kendala dalam penerapan strategi pelayanan guru pendamping dalam menumbuhkan kemandirian kesejahteraan Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 46 Surabaya. dengan menggunakan teori ekologi. metode yang digunakan pada penenlitian ini yaitu Kualitatif Studi Kasus. Berdasarkan hasil penelitian mendapati bahwa 3 strategi pelayanan guru pendamping dalam menumbuhkan kemandirian kesejahteraan Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 46 Surabaya yaitu strategi pelayanan akademik, strategi pelayanan vokasional, strategi pelayanan kompensatoris. Lalu didapati bahwa kendalakendala dalam penerapan strategi pelayanan guru pendamping dalam menumbuhkan kemandirian kesejahteraan Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 46 Surabaya yaitu faktor lingkungan, fasilitas yang kurang memadai, Anak Berkebutuhan Khusus itu sendiri, Orang tua yang tidak koorperatif, keterbatasan guru pendamping. Kata Kunci : Strategi pelayanan, Anak Berkebutuhan Khusus, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Social Welfare Study Program |
Depositing User: | Moh. Afif Riskian Saputra |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:18 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:18 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17503 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year