Pratama, Aji Iwan (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
Cover_Lengkap Repository.pdf Download (934kB) |
|
Text
Skripsi Iwan .pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Model pembelajaran Creative Problem Solving adalah salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kognitif siswa (CPS). Berdasarkan hasil observasi di SMA Kawung 1 Surabaya kepada salah satu guru biologi menyatakan bahwa kurangnya pemahaman dalam pengetahuan sains dan pengenalan masalah yang membuat sulit peserta didik dalam menarik kesimpulan. Cara pembelajaran ceramah ini adalah hal yang kuno, dan perlu adanya suatu pembaharuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) karena hanya memperhatikan hasil belajar biologi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar dengan menggunakan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Nonequivalent Control Group Design”, dengan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random pada 2 kelas yang berbeda. Dari hasil pengujian menunjukkan peningkatan kemampuan dan hasil belajar para peserta didik dalam memahami materi dengan mengunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar yang ada, yaitu sebesar 100% dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah), yaitu sebesar 73,5 (pretest) dan 87 (posttest) pada kelas kontrol dan juga sebesar 71 (pretest) dan 83,25 (posttest) tetapi sudah dikategorikan sebagai nilai baik karena berada diatas KKM dengan nilai 80. Kata-kata kunci: Creative Problem Solving (CPS), literasi Sains, pretest, dan posttest. ABSTRACT Creative Problem Solving learning model is one of the learning models used to improve student cognitive (CPS). Based on the results of observations at SMA Kawung 1 Surabaya to one of the biology teachers stated that the lack of understanding in science knowledge and problem recognition makes it difficult for students to draw conclusions. This way of teaching lectures is an ancient thing, and needs a renewal. This research is a quasi-experimental research (quasi-experimental) because it only pays attention to students' biology learning outcomes in the learning process using the Creative Problem Solving learning model on learning outcomes using pretest and posttest in the form of multiple choice questions. The research design used in this study was "Nonequivalent Control Group Design", with the experimental group and the control group selected randomly in 2 different classes. From the test results show an increase in the ability and learning outcomes of students in understanding the material by using creative problem solving (CPS) learning models on existing learning outcomes, which is 100% compared to using direct learning models (lectures), which is 73.5 (pretest) and 87 (posttest) in the control class and 71 (pretest) and 83.25 (posttest) but have been categorized as good scores because they are above the KKM with a score of 80. Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Science literacy, pretest, and posttest
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving (CPS), learning process, pretest, and posttest. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program |
Depositing User: | Spd Iwan Aji Pratama Iwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 00:28 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 00:28 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12521 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year