Sarasawitri, Nada Auliya (2022) Peran pustakawan sebagai komunikator (Studi kasus di perpustakaan SMP Negri 56 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (698kB) |
|
Text
LAPORAN PERSENTASE CEK PLAGIASI.pdf Download (769kB) |
Abstract
Sarasawitri, Nada Auliya. 2022. “Peran Pustakawan Sebagai Komunikator (Studi Kasus Di Perpustakaan SMP Negeri 56 Surabaya)”. Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I, Drs. Bakhtiyar, S.Sos., M.IP. Pembimbing II, Dian Kristyanto, S.IIP.,M.IP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang sangat mempengaruhi perpustakaan dan sistem belajar tatap muka di sekolah sehingga segala aktivitas dan komunikasi harus dilakukan secara virtual di rumah. Hal tersebut berdampak pada sepinya pengunjung ke perpustakaan selama pandemi sehingga kondisi pandemi ini menjadi sebuah tantangan bagi pustakawan untuk mendayagunakan kembali perpustakaan melalui komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pustakawan sebagai komunikator dalam menghadapi situasi pandemi di perpustakaan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentunan informan mengunakan prosedur purposive sampling yaitu 11 orang informan yang dipilih sesuai kriteria dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai Peran Pustakawan Sebagai Komunikator (Studi Kasus Di Perpustakaan SMP Negeri 56 Surabaya) menjelaskan bahwa komunikasi di sekolah dan perpustakaan tetap saling terhubung dan pelayanan di perpustakaan tetap berjalan selama pandemi hingga kondisi new normal dapat dilihat dari upaya (1) Pustakawan memanfaatkan media teknologi berupa aplikasi Teams dan Whatsapp untuk menyampaikan informasi perihal perpustakaan; (2) Penerapan layanan perpustakaan menggunakan sistem layanan open access yaitu luring dan daring dengan membuat inovasi layanan perpustakaan digital website; (3) Melakukan komunikasi secara langsung untuk meminimalisir jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi perihal perpustakaan; (4) Memberikan penilaian tambahan di raport oleh pustakawan untuk siswa yang rutin ke perpustakaan; (5) Mengadakan promosi perpustakaan berupa lomba literasi sekolah dengan memberikan hadiah dan sertifikat kepada siswa yang ikut berpartisipasi dalam lomba; (6) Pustakawan rutin mengingatkan siswa untuk menggunakan perpustakaan sebagai media belajar sebulan 2 kali dengan memberikan tugas literasi kepada siswa; (7) Upaya pustakawan dalam melakukan perannya sebagai komunikator mendapatkan respon positif dari siswa yang dilihat dari permintaan koleksi buku bacaan oleh siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa peran pustakawan sebagai komunikator sudah baik, yang dapat dilihat dari pemanfaataan media teknologi dan komunikasi virtual berupa aplikasi dan layanan perpustakaan digital berbentuk website serta layanan perpustakaan daring yang dibuat sebagai cara yang efektif untuk menarik minat kunjung dan minat baca siswa untuk datang ke perpustakaan. Kata kunci : Komunikator, Peran Pustakawan, Perpustakaan Sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikator, Peran Pustakawan, Perpustakaan Sekolah |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | 2054 Nada Auliya Sarasawitri UWKS |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 01:54 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 01:54 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year