Pengaruh kepemimpinan transformasional komitmen organisasi kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan

Ngoni, Maria Salestina (2022) Pengaruh kepemimpinan transformasional komitmen organisasi kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan. Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
A. Abstrak Maria.pdf

Download (2MB)
[img] Text
J. PLAGIASI %.pdf

Download (11kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap OCB, untuk mengetahui kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Sumber Makmur Agroindo dengan 112 karyawan. Responden penelitian ditentukan dengan menggunakan metode sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 10 indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian ditemukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap OCB, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Komitmen organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap OCB, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Keterbatasan penelitian ini adalah lokasi penelitian ini hanya dalam lingkup PT. Sumber Makmur Agroindo , Sehingga hasil penelitian ini tidak dapat menjelaskan kondisi perusahaan selain PT. SUMBER Makmur Agroindo.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Tansformasional, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, OCB
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Master in Agribusiness Study Program
Depositing User: Fakultas Pertanian UWKS
Date Deposited: 20 May 2022 01:19
Last Modified: 20 May 2022 01:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year