Kurniawati, Angga Retyningtyas (2022) Analisis preferensi konsumen jeruk nipis (Citrus aurantifolia) pada pasar tani Gresik. Masters (S2) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Text
A. ABSTRAK.pdf Download (710kB) |
|
Text
L. PLAGIASI %.pdf Download (10kB) |
Abstract
Jeruk nipis merupakan buah-buahan yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumen secara garis besar terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pertama, faktor internal terdiri dari : (a) pengalaman belajar dan memori, (b) kepribadian dan konsep diri, (c) motivasi dan keterlibatan, (d) sikap, (e) persepsi. Kedua, faktor eksternal terdiri dari : (a) faktor budaya, (b) faktor sosial, (c) faktor ekonomi dan (d) faktor bauran pemasaran. Faktor lingkungan juga mempengaruhi keputusan pembelian, terdapat lima faktor lingkungan yaitu budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi. Berbagai hal penjelasan tersebut diatas menarik minat penulis untuk melakukan penelitian tentang ”Analisis Preferensi Komoditas Jeruk Nipis pada pasar tani”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui atribut jeruk nipis yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli jeruk nipis di pasar tani Gresik, Untuk mengetahui umur konsumen mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar tani Gresik, Untuk mengetahui jenis kelamin konsumen mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar tani, Untuk mengetahui Pendidikan konsumen mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar tani, Untuk mengetahui pendapatan mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar tani, Untuk mengetahui jumlah tanggungan keluarga mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar tani. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan metode kuadrat terkecil, dan variabel independen yang digunakan yaitu umur, jenis kelamin, Pendidikan, pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga. Pada penelitian melakukan pengumpulan data primer dengan jumlah responden yang ditentukan yaitu 30 responden. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1. Atribut jeruk nipis yang mejadi preferensi konsumen di pasar Tani Gresik adalah atribut rasa, warna kulit buah, daging buah. Atribut rasa yang menjadi preferensi konsumen adalah rasa yang masam, warna kulit buah yang menjadi preferensi konsumen yaitu hijau tua, daging buah yang menjadi preferensi konsumen yaitu pulir air yang sedikit. Sedangkan atribut yang paling dominan dipilih oleh konsumen adalah atribut rasa. 2.Dari hasil uji statistik, uji parsial (Uji T) maka dapat diketahui bahwa karakteristik konsumen yang mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar Tani Gresik secara signifikan adalah pendapatan. Sedangkan karakteristik konsumen yang tidak mempengaruhi konsumsi jeruk nipis di pasar Tani Gresik secara signifikan adalah umur, jenis kelamin, jumlah tanggungan keluarga dan pendidikan konsumen.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Preferensi Konsumen, Jeruk nipis, Analisis Regresi Berganda |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Master in Agribusiness Study Program |
Depositing User: | Fakultas Pertanian UWKS |
Date Deposited: | 20 May 2022 01:38 |
Last Modified: | 20 May 2022 01:38 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11762 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year