Derajat Kemampuan Literasi Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam Menelaah Karya Ilmiah

Octavia, Lisga (2022) Derajat Kemampuan Literasi Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam Menelaah Karya Ilmiah. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (348kB)
[img] Text
cek plagiasi_Lisga Octavia_18700076.pdf

Download (240kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Octavia, Lisga. 2021. Derajat Kemampuan Literasi Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam Menelaah Karya Ilmiah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Bobby Hery Yudhanto1); Wahyuni Diah Parmasari2) Literasi merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan membaca, berpikir dan menulis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami informasi secara kritis, kreatif dan reflektif. Adapun dua faktor yang mempengaruhi derajat pemahaman dalam menelaah karya ilmiah yaitu faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Hal ini di dukung oleh riset berbeda bertajuk WORLD’s Most Literate Nation Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 dimana Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui derajat kemampuan literasi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam menelaah karya ilmiah. Rencana penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan 97 responden yang diambil menggunakan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. analisis data menggunakan univariant (deskriptif) dan hipotesis dianalisis dengan ANOVA satu arah untuk uji perbandingan kelompok. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa derajat kemampuan literasi Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam menelaah karya ilmiah masuk dalam kategori sangat kurang (P<0,05) Sesuai dengan hasil analisis statistik multivatiat untuk pembuktian hipotesis. Untuk meningkatkan derajat kemampuan literasi pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya disarankan meningkatkan aktivitas membaca karya ilmiah, terutama text book dan jurnal. Serta meningkatkan aktivitas dalam memahammi statistik dasar dan membudayakan menulis karya ilmiah. Kata Kunci: karya ilmiah, literasi sains, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: karya ilmiah, literasi sains, mahasiswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PJ Semitic
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 lisga octavia uwks
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:03
Last Modified: 16 Feb 2022 05:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year