Ekstrak daun kelor (Moringa oleifera Lam) memperbaiki pertumbuhan sel β pankreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2

Mahayutha, I Putu Bagus Yustitio (2022) Ekstrak daun kelor (Moringa oleifera Lam) memperbaiki pertumbuhan sel β pankreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK I Putu Bagus Yustitio Mahayutha.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Persenan Plagiasi I Putu Bagus Yustitio Mahayutha.pdf

Download (23kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Diabetes mellitus tipe 2 sebagai hilangnya progresif sekresi insulin sel β yang sering terjadi pada latar belakang resistensi insulin. kelor memiliki kandungan paling tinggi yaitu flovanoid yang berfungsi membantu menghalangi radikan bebas di sel β pankreas dan juga antioksidan juga dapat menghambat proses oksidasi suatu substrat dan pada akhirnya menjadi proteksi terhadap diabetes mellitus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekstrak daun kelor (Moringa oleifera Lam) memperbaiki pertumbuhan sel β pankreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan rancangan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif. Data untuk penelitian ini adalah data literatur review yang menggunakan penelitian sebelumnya sebagai acuan penarikan kesimpulan hasil penelitian penelitian sekarang. Dari hasil yang didapatkan terbukti ekstrak daun kelor (Moringa oliefera Lam) memperbaiki sel β penkreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kata kunci : Ekstrak daun kelor, moringa oleifera lam, Sel β pankreas, Type 2 Diabetic dan Diabetes Mellitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun kelor, moringa oleifera lam, Sel β pankreas, Type 2 Diabetic dan Diabetes Mellitus tipe 2.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: I Putu Bagus Yustitio Mahayutha
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:56
Last Modified: 26 Jan 2022 01:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year