Anggraini, Dwi Nadila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN PADA SISWA KELAS 5 DI SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf Download (157kB) |
|
|
Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran komik digital materi persatuan dan kesatuan pada siswa kelas 5 di SDN Pakis V Surabaya dilatarbelakangi oleh belum adanya pengembangan media digital yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Pakis V Surabaya. Sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa khususnya materi persatuan dan kesatuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran komik digital materi persatuan dan kesatuan dapat diterapkan pada siswa kelas 5 di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap. Tahap-tahap tersebut meliput: 1) tahap analisis, 2) tahap desain, 3) tahap pengembangan, 4) tahap implementasi, 5) tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan test. Angket ditujukan kepada ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Test terdiri atas lembar penilaian pretest dan lembar penilaian posttest. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa kelas 5 SDN Pakis V Surabaya. Hasil validasi oleh ahli media terhadap media pembelajaran komik digital materi persatuan dan kesatuan diperoleh persentase skor sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan hasil penilaian respon siswa diperoleh persentase skor sebesar 98,43% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil persentase skor yang diperoleh, media dinyatakan layak digunakan. Selanjutnya penilaian hasil belajar siswa (pretest dan posttest) diperoleh hasil r hitung 0,974 lebih besar dari r tabel 0,367 maka media dinyatakan efektif digunakan.
| Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
| Depositing User: | Dwi Nadila Anggraini |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:16 |
| URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year

