Silmi, Nazilah Rikhmatus (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Aplikasi Assemblr Edu pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN Pakis V Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
Cover-Daftar Bagan (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
BAB I (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN (PGSD) Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Cek Plagiasi Full_Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LOA Article_Nazilah Rikhmatus Silmi.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
Cek%..pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bermula dari guru kelas belum memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dan kurangnya motivasi siswa terhadap proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk menggembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr Edu pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia dan mengukur tingkat kelayakan proses pembelajaran pada siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pada pengumpulan data menggunakan instrumen angket validasi ahli media dan validasi ahli materi, soal uji pretest dan uji post-test, angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Validasi media memperoleh persentase sebesar 92% dapat dinyatakan sangat valid, (2) Validasi materi memperoleh persentase sebesar 95% dapat dinyatakan sangat valid, (3) Uji pre-test pada siswa berjumlah 29 memperoleh hasil rata-rata 60,34%, sedangkan uji post-test pada siswa memperoleh hasil rata-rata 86,89% sehingga hasil belajar mengalami peningkatan 26,72%, (4) Angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 97% dapat dinyatakan layak digunakan. Dari hasil instrumen diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis aplikasi Assemblr Edu pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia dinyatakan dapat dikembangkan sebagai produk layak digunakan dalam proses pembelajaran dan memiliki tingkat kelayakan pada proses pembelajaran siswa kelas V.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Sekolah Dasar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 Nazilah Rikhmatus Silmi UWKS |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:12 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:12 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year