PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN FOTO DI KATALOG E-COMMERCE

Dewi, Monica Meiliana (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN FOTO DI KATALOG E-COMMERCE. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB III — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR BACAAN — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
CEK PLAGIASI [ PERSEN ] — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
FULL TEXT PLAGIASI TURNITIN — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
KARYA ILMIAH JURNAL SKRIPSI — MONICA MEILIANA DEWI.pdf

Download (309kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji pelaku usaha yang terlibat dalam praktik-praktik yang melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pelanggaran hak-hak konsumen tersebut antara lain pelanggaran hak atas informasi yang akurat, transparan, dan jujur mengenai kualitas dan jaminan produk. Konsumen merasakan adanya ketidakadilan karena adanya ketidaksesuaian antara barang yang diperoleh dengan penggambaran produk makanan yang ditampilkan pada aplikasi Tiktok Shop Bittersweet By Najla. Perlindungan hukum dan mekanisme penyelesaian konflik yang timbul dalam transaksi e-commerce dirancang untuk melindungi hak-hak konsumen, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pembelian secara online, dan mendorong perkembangan industri e-commerce yang kuat dan bermoral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme perlindungan konsumen yang mengalami kerugian, kewajiban pelaku usaha, dan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan keluhan konsumen dengan pelaku usaha. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan representasi visual, dan merupakan kewajiban pelaku usaha di marketplace untuk bertanggung jawab atas ketidaksesuaian yang terjadi, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Marketplace dapat memberikan saran kepada penjual untuk memastikan bahwa gambar produk yang diperdagangkan telah sesuai dengan barang yang dijual, dan menyediakan foto yang sebenarnya. Kata Kunci : Konsumen, Perlindungan Hukum, E-Commerce

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Monica Meiliana Dewi
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:34
Last Modified: 27 Mar 2024 03:34
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17698

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year