Strategi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Di Perpustakaan Universitas Airlangga

., salma (2024) Strategi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Di Perpustakaan Universitas Airlangga. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI (1).pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI (2).pdf

Download (19MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (156kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Media sosial, TikTok sebagai bagian integral dari transformasi teknologi berkomunikasi yang digunakan untuk berbagai tujuan seperti Perpustakaan Universitas Airlangga memanfaatkannya sebagai sarana promosi kegiatam, program dan layanan. Pada TikTok Perpustakaan Universitas Airlangga memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit, namun mencatat jumlah penonton yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Sarana Promosi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Metode penelitian menggunakan kualitatif dan metode Studi Kasus. Fokus penelitian yaitu strategi pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana promosi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Teknik sampling yang dipilih Non-Probability Sampling, penentuan informan menggunakan purposive sampling, yakni 2 petugas pengelola media sosial TikTok dengan 1 pengguna media sosial TikTok, 7 pengguna media sosial TikTok Perpustakaan Universitas Airlangga. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perpustakaan Universitas Airlangga berhasil menerapkan strategi pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana promosi dengan baik dengan strategi (1) membagikan link video TikTok ke media sosial lain telah meningkatkan keterlibatan dan menyebarkan informasi lebih luas. (2) menggandeng mahasiswa sebagai talent video, membuat video lebih menarik dan untuk berkontribusi dan belajar. (3) Penggunaan musik dan hashtag yang sedang viral, menarik perhatian, menciptakan transisi yang menyenangkan, dan meningkatkan potensi konten menjadi viral. (4) mengunggah video pada malam hari. bahwa waktu unggahan dapat memengaruhi tingkat interaksi dan jumlah penonton. (5) Penggunaan fitur-fitur live, daftar putar, tombol like, komentar, simpan, dan pinned untuk membantu pengguna dalam mencari dan menerima informasi secara efisien. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pemanfaatan media sosial TikTok oleh Perpustakaan Universitas Airlangga telah memberikan dampak positif dalam memperluas jangkauan, meningkatkan partisipasi, dan menyampaikan informasi perpustakaan dengan cara yang menarik dan relevan untuk mahasiswa. Kata Kunci : Strategi Promosi, Media Sosial TikTok, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: salma salma salma
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:37
Last Modified: 28 Feb 2024 03:37
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17478

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year