Kajian resistensi antibiotik tetrasiklin dan streptomisin pada escherichia coli yang diisolasi dari susu segar di peternakan UD. Saputra Jaya

Meldireza, Alwi (2023) Kajian resistensi antibiotik tetrasiklin dan streptomisin pada escherichia coli yang diisolasi dari susu segar di peternakan UD. Saputra Jaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (986kB)
[img] Text
PRESENTASE PALGIASI SKRIPSI_16820081_ALWI MELDIREZA Ke-2-36-41.pdf

Download (21kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui resistensi tetrasiklin dan streptomisin terhadap bakteri Escherichia coli yang diisolasi dari susu sapi segar di peternakan UD. Saputra Jaya. Sampel yang digunakan sebanyak 40 sampel susu sapi segar, dilakukan isolasi, identifikasi, dan uji biokimia. Deteksi resistensi antibiotik menggunakan metode difusi cakram, cakram disk tetrasiklin dan streptomisin digunakan pada hasil isolasi dan identifikasi menunjukkan terdapat 7 isolat Escherichia coli dari total 40 sampel susu sapi segar. Hasil uji difusi cakram pada isolat Escherichia coli menunjukkan bahwa 4(57,14%) isolat resisten terhadap tetrasiklin dan 6(85,71%) isolat resisten terhadap streptomisin. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat resisitensi antibiotik terhadap tetrasiklin dan streptomisin pada Escherichia coli yang diisolasi dari susu segar di UD. Saputra Jaya, sehingga hal ini harus menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Susu sapi, Escherichia coli, antibiotik, resistensi.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: 82 Alwi Meldireza UWKS
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:53
Last Modified: 10 Oct 2023 02:53
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year