Pengembangan media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Asemrowo II Surabaya

Retnaningtyas, Magdalena Kunthie (2021) Pengembangan media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis lectora inspire untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Asemrowo II Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK MAGDA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Presentase Plagiasi Turnitin Magda.pdf

Download (270kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifitasan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis Lectora Inspire pada siswa kelas V di SD Negeri Asemrowo II Surabaya. Lectora Inspire merupakan sebuah program komputer (software) yang berupa alat (tool) untuk pengembangan pembelajaran berbasis elektronik. Software ini dikembangkan oleh Trivantis Corporation yang digunakan untuk membuat kursus pelatihan online atau pun offline, penilaian, dan presentasi. Hal ini juga bisa digunakan untuk konversi dari presentasi Microsoft PowerPoint ke dalam konten e-learning. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri Asenrowo II Surabaya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel sederhana yang dilakukan secara acak tanpa harus memperhatikan strata yang ada pada populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A yang berjumlah 20 siswa di SD Negeri Asemrowo II Surabaya. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket (kuesioner) dan tes dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, angket responden, pre-test, dan post-test dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat membantu guru dalam penyampian materi. Hal ini dibuktikan dengan adanya analisis data ahli media pada aspek tampilan dengan hasil 93% dan aspek pemograman 91,82%, sedangkan analisis data ahli materi aspek pembelajaran memperoleh hasil 91,11% dan aspek isi mendapatkan hasil 84%. Angket responden yang terdiri dari uji coba media pembelajaran lectora inspire pada siswa memperoleh hasil 86,4%, hasil uji coba media pembelajaran lectora inspire terbukti efektif ditunjukan dengan hasil pre-test dan post-test yang diperoleh siswa yaitu dengan tabel rata-rata pre-test 53,25 sedangkan rata-rata yang diperoleh pada hasil post-test adalah 88,25 sehingga rata-rata persentase hasil belajar siswa meningkat 35%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Lectora Inspire, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Magdalena Kunthie Retnaningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:54
Last Modified: 23 Sep 2021 03:54
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year