Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika

Meilantifa, . (2019) Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika. Adi Buana University Press. (Unpublished)

[img] Text
13. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat secara umum atau guru beranggapan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) adalah kecerdasan yang dianggap paling penting dan selalu menjadi tolak ukur akan kecerdasan seseorang. Seiring berjalannya waktu, pendapat ini dpatahkan oleh teori yang diungkapkan Daniel Goleman yang dinyatakan dalam bukunya yang berjudul Emotional Inteligence bahwa kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menilai kecerdasan dan kesuksesan seseorang, namun didukung oleh faktor lain yaitu kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar serta pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar materi garis dan sudut pada siswa kelas VIIE di SMP Negeri 43 Surabaya.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 43 Surabaya, dengan sampel sebanyak 42 siswa di kelas VIIE yang diambil dengan cara metode random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket kecerdasan intelektual, angket kecerdasan emosional siswa dan tes hasil belajar siswa sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Produk Moment dan korelasi ganda R = -0,02 di mana rhitung rtabel menunjukkan adanya pengaruh antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Selain itu dengan menggunakan uji F = -0,38 di mana fhitung ftabel yang menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar di SMP Negeri 43 Surabaya. Kata kunci : kecerdasan, intelektual, emosional, hasil belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 12 Jul 2021 11:27
Last Modified: 12 Jul 2021 11:27
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year