Pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis serious game

Adisusilo, Anang Kukuh (2019) Pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis serious game. KOMINFO. (Unpublished)

[img] Text
8.pdf

Download (523kB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa (Poerwadarminta, 1983). Bagi guru Sekolah Dasar tidak kesulitan ketika mengajarkan tematik, karena memang sudah dibekali ilmu tersebut. Masalah yang timbul adalah orang tua yang berusaha mengajari kembali materi tematik tersebut di rumah sering kali mengalami kesulitan bahkan cenderung bingung, karena rata-rata orang tua hanya paham pembelajaran dengan model sebelum tematik yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bahkan karena berbeda cara pandang terhadap suatu mata pelajaran menjadikan sedikit permasalahan misalnya pada kasus 2014 tentang perkalian 6x4 (Republika Online, 2014). Selain itu dalam pembelajaran tematik yang berusaha membuat siswa lebih aktif membutuhkan model pembelajaran yang interaktif juga, bahkan menggunakan alat peraga dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar (Surya, 2014). Hal tersebut kesulitan dicapai jika guru pengajar sulit untuk memvisualkan, untuk bisa membuat siswa benar-benar mengerti. Permainan (game) yang disenangi generasi sekarang dari anak-anak sampai dewasa bisa dijadikan media pembelajaran yang tepat. Permainan digital yang digunakan untuk tujuan khusus selain sisi kesenangan disebut serious game (Martin, 2014). Dalam serious game mengedepankan tujuan khusus tersebut tanpa menghilangkan sisi fun, tujuan tersebut diantaranya adalah fungsi pembelajaran. Selain sisi interaktif dalam serious game juga terdapat sisi immersive, sehingga pemain akan bisa secara mendalam masuk kedalam alur permainan yang dibuat. Dibeberapa Negara lain sudah terdapat kelompok para peneliti yang focus dalam telnologi permainan sebagai sarana pembelajaran, seperti The European Scientific Research Game yang disebut Lifelong Learning Programme-Comenius Project yang merupakan gabungan beberapa negara seperti Germany, Italy, Portugal, Turkey dan United Kingdom berkolaborasi dalam meneliti dan mengembangkan serious game untuk pembelajaran dalam bidang ekologi (Sangiorgio dkk., 2014). Sedangkan di Indonesia serious game masih sebatas bentuk penelitian yang sekarang sudah mulai berkembang, seperti serious game tentang Taman Nasional Baluran untuk meningkatkan inovasi dan cara berfikir anak SMP (Putra dan Iqbal, 2016), serious game tentang pengolahan tanah dengan bajak singkal(Adisusilo dkk., 2018; Adisusilo dkk., 2015) dan masih banyak yang melakukan penelitian serious game.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 20 May 2021 03:27
Last Modified: 20 May 2021 03:27
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/9035

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year