Asih, Heny Putri (2018) Persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Ruang Referensi di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
|
Text
File Erepository.pdf Download (419kB) | Preview |
Abstract
Asih, Heny Putri. (2018).Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Ruang Referensi Di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Skripsi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Drs.Bakhtiyar, S.sos.,M.IP, Dosen Pembimbing II:Fahriyah, S.Sos., MA. Persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan ruang referensi di perpustakaan Institut Teknologi sepuluh Nopember Surabaya menjadi topik utama yang diangkat guna tugas akhiry, Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ang berada di jalan ITS Raya sukolilo Surabaya, Perpustakaa ITS berdiri dikawasan yang trategis kawasan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang sangat mudah di akses.Ruang referensi sendiri berada di lantai 3 Perpustakaan ITS, Ruanag refernsi Perpustakaan ITS salah satu ruaangan referensi yang memiliki pelayanan yang profesional di kalangan perguruan tinggi negeri surabaya. Dengan ditinjau dari 5 Aspek yang digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa yaitu, Reliability(Keandalan),Responsiveness (DayaTanggap, Assurance(Jaminan) ,Empati(Kepedulian), Tangible(Bukti langsung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan referensi Penelitian ini menggunakan deskriftif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukuran, persepsi yang diberikan mahasiswa kepada layanan referensi Perpustakaan ITS. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengunjungi dan menggunakan layanan referensi. Mahasiswa. Dengan menggunakan teknik Probability sampling dan teknik pengambilan sampel, yaitu sampel random sampling yang berjumlah 40 Responden.Kuesioner dibagikan kepada 40 mahasiswa yang datang ke ruang referensi, 40 mahasiswa ini diambil berdasarkan data kunjungan 3 bulan terakhir pada tahun 2017, kemudian dirata-rata 10% dari jumlah pengunjung adalah hasil dari jumlah orang yang akan dijadikan responden penelitian yang sudah mewakili seluruh pengunjung layanan referensi. Teknik pengumulan data melalui metode pengamatan, wawancara, kuesioner dan teknik analisis data dengan cara penyuntingan, tabulasi, score dan pengkodean. Hasil penelitian menunjukan hasil yaitu persepsi mahasiswa terhadap kualitas Pelayanan ruang referensi perpustakaan Institut teknologi Sepuluh Nopember ITS dengan meneiliti 5 variabel, yakni memperoleh Nilai Tinggi(T) sangat setuju apabila layanan referensi sudah mempunyai kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan mahasiswa. Apabila dilihat dari masing-masing variable. (2) Kemampuan pustakawan dalam mewujudkan pelayanan yang dijanjikan dengan handal dan akurat dikategorikan dengan nilai Tinggi(T). (3).Kemampuan pustakawan dalam membantu para penggguna dalam menyediakan pelayanan yang cepat dan tepat dikatekorikan dengan nilai Tinggi(T). (4)Pengetahuan, kemampuan, dan kesopanan atau kebaikan dilihat dari personal serta kemampuan untuk mendapatkan kepercayaan dan keinginan dikategorikan dengan nilai Tinggi (T).(5)Dari personal pustakawan memberikan tingkat perhatian secara individu atau pribadi terhadap kebutuhan-kebutuhan pengguna perpustakaan dikategorikan dengan nilai Sedang(S) Meliputi fasilitas fisik, peralatan atau perlengkapan serta penampilan dikategorikan dengan nilai Tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pemustaka, ruang referensi, layanan referensi |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | yanuastrid . |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 04:42 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 04:42 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/882 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year