Masalah dan Solusi Keberadaan Trading House Untuk Produk Pertanian di Jawa Timur

Wisnujati, Nugrahini Susantinah (2018) Masalah dan Solusi Keberadaan Trading House Untuk Produk Pertanian di Jawa Timur. Jakadpublisher.org. (Unpublished)

[img] Text
21. Masalah dan Solusi Keberadaan Trading House Untuk Produk Pertanian di Jawa Timur.pdf

Download (134kB)

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mempunyai dua konsep yakni kawasan ASEAN akan menjadi basis produksi dan pasar tunggal pasar yang tercipta adalah pasar yang efisien, padahal petani Indonesia mengalami beberapa masalah, salah satunya masalah pemasaran produk pertanian , selama ini petani masih tergantung pada tengkulak, menurut Mukarom, Ajen, (2009) Lembaga keuangan non formal yang banyak diakses yaitu tengkulak, tengkulak banyak membantu petani dengan memberikan bantuan pinjaman untuk keperluan sehari hari ,ketergantungan ini akan merugikan petani karena petani harus menjual pada tengkulak. Masalah lain adalah keengganan untuk berkelompok , kelompok di bentuk bersifat orientasi program kurang menjamin kemandirian kelompok dan keberlanjutan kelompok (Sesbany,2018) keenganan berkelompok karenakan beberapa alasan yakni petani telah memiliki pasar masing masing sehingga enggan berpindah pasar , kecurigaan terhadap petani, padahal dengan tidak berkelompok petani akan lebih mudah untuk dipermainkan pada saat panen. Menurut( Blas, Javier , 2010), Pemerintah bertanggung jawab membantu petani pada saat jatuh harga koditas dunia seperti kakao, kopra dan kopi, melalui cara suntikan dana, pembuatan infrastruktur jalan, jembatan dan dermaga . Jawa Timur memiliki lembaga Trading House yang terletak di wilayah Sidoarjo, Lembaga pemasaran produk pertanian atau yang dikenal dengan Trading house, Trading house terkenal di dunia adalah Cargill, Bunge, Louis Dreyfus Commodities dan Archer daniels Midland ( 0. Meyer Gregory, 20130) keempat lembaga ini bekerja dengan mekanisme kerjasama dengan jaringan Silo, kapal, dan petani, maka rumusan masalah penelian adalah bagaimana peran Trading House dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran produk pertanian di Jatim, maka pada penelitian bertujuan untuk menganalisis cara atau mekanisme peningkatan peran Trading house di Jawa Timur Keywords: Trading House, Pertanian, Capacity Building

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:18
Last Modified: 08 Apr 2021 02:18
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year