Efektivitas Penerapan Blended Learning Berbasis Google Classroom Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI-IPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Aini, Fadhilah Nur (2021) Efektivitas Penerapan Blended Learning Berbasis Google Classroom Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI-IPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Plagiasi Fadhilah.pdf

Download (35kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Aini, Fadhilah Nur. 2021. Efektivitas Penerapan Blended Learning Berbasis Google Classroom Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I : Amalia Chamidah, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II : Endrayana Putut LE, S.Si, M.Si Kata Kunci : Blended Learning, Google Classroom, Motivasi, Hasil. Model pembelajaran yang konvensional dan monoton akan menyebabkan siswa menjadi bosan dalam proses belajar mengajar. Maka diperlukanlah suatu model pembelajaran baru yang membuat siswa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematikanya. Perkembangan teknologi membawa dampak pada pembelajaran sehingga saat ini kegiatan belajar mengajar tidak dipengaruhi oleh tempat dan waktu. Menyongsong abad 21 ini guru perlu memperlengkapi diri dengan “melek” teknologi sehingga pembelajaran tidak tergantung pada guru saja sebagai pusat pembelajaran tetapi fungsi guru menjadi fasilitator dan manager pembelajaran yang mampu mengajarkan materi pembelajaran yang telah direncanakan dan siswa mencapai tujuan tersebut, sekaligus terjadi proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang menarik perlu dimiliki oleh guru apalagi dengan hadirnya teknologi yang dapat dimanfaatkan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan model pembelajaran blended learning berbasis Google Classroom menunjang pembelajaran yang efektif ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar materi persamaan trigonometri kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-Experimental serta desain penelitiannya One Grup Pre Test-Post Test dengan sampel penelitian sejumlah 24 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Software Statistical Product and Service Solution versi 23.0. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang mana < 0,005 sehingga H0 Ditolak atau H1 Diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning berbasis google classroom efektif digunakan untuk motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Blended learning, google classroom, motivasi, hasil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: S.Pd Fadhilah Nur Aini
Date Deposited: 22 Mar 2021 05:11
Last Modified: 22 Mar 2021 05:11
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year