Pengembangan pembelajaran biologi melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis mind mapping dalam meningkatkan ketrampilan metakognitif siswa

Lisepung, Susana Dian] (2021) Pengembangan pembelajaran biologi melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis mind mapping dalam meningkatkan ketrampilan metakognitif siswa. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (49kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran di sekolah yang masih bergantung pada guru dengan penyampaian materi berupa ceramah serta teknik menghafal materi pelajaran secara keseluruhan tanpa adanya konsep- konsep materi secara kompleks..Dalam penyampaian konsep-konsep materi secara kompleks, perlu adanya pengembangan media yang kreatif, inovatif dan menyenangkan seperti media Mind Mapping. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Mind Mapping dalam meningkatkan ketrampilan metakognitif siswa dan mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Mind Mapping terhadap ketrampilan metakognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri Magepanda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik pemetaan materi melalui mind mapping, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari hasil validasi pengembangan media mind mapping untuk meningkatkan metakognitif siswa mendapat kriteria sangat baik dengan masing-masing perolehan validasi media dengan nilai sebesar 83% dan hasil validasi materi dengan perolehan nilai sebesar 83,5%. Angket respon peserta didik terhadap penggunaan media mind mapping sebesar 93% dan hasil uji coba pretest kepada peserta didik sebelum mendapat treatment memperoleh rata- rata sebesar 44,7 dan rata-rata nilai posttest sebesar 79,2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media mind mapping untuk meningkatkan metakognitif siswa dinyatakan layak diimplementasikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Metakognitif, Mind Mapping, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program
Depositing User: SUSANA DIAN LISEPUNG
Date Deposited: 14 Mar 2021 02:26
Last Modified: 14 Mar 2021 02:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year