Hubungan tingkat kelelahan dalam pembelajaran daring terhadap prestasi sekolah siswa kelas XII IPA tahun ajaran 2020-2021 di MAN 1 Banyuwangi

nisa, ezia (2021) Hubungan tingkat kelelahan dalam pembelajaran daring terhadap prestasi sekolah siswa kelas XII IPA tahun ajaran 2020-2021 di MAN 1 Banyuwangi. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univercity.

[img] Text
yang di unggah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Eza Niza Turnitin-converted.pdf

Download (16kB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Pandemi Covid-19 memunculkan perubahan cara belajar siswa sekolah dengan menerapkan system daring. Sistem pembelajaran ini memaksa siswa merubah kebiasaan proses pembelajaran siswa, selain dengan waktu daring yang banyak dijalani selama satu hari minimal 3 jam,terlebih lagi dari proses daring tersebut guru sering memberikan beban tugas yang banyak, hingga mengakibatkan kelelahan yang dialami anak setiap harinya, dari dampak kelelahan tersebut dapat memungkinkan menjadi penyebab penurunan tingkat prestasi pada siswa sekolah dibandingkan sebelum adanya pandemic Covid-19 dengan metode pembelajaran daring. Oleh sebab itu, peneliti tertarik melakukan penelitian ini untuk menganalisis lebih lanjut adakah hubungan tingkat kelelahan dalam pembelajaran daring terhadap prestasi sekolah pada siswa. Sample yang diteliti adalah siswa sekolah menengah atas kelas XII sebanyak 60 siswa pada jurusan IPA. Sampel diambil dari populasi aktual dengan teknik total sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman rank. Hasil penelitian yang dilakukan siswa SMA di MAN 1 Banyuwangi diketahui bahwa dari 100% responden dengan tingkat kelelahan ringan diketahui 23,3% responden memiliki tingkat prestasi tetap, responden dengan tingkat kelelahan sedang 36,7% responden memiliki tingkat prestasi tetap, responden dengan tingkat kelelahan berat, diketahui mengalami penurunan tingkat prestasi.Hasil penelitian diketahui dari 60 responden (100%), sebagian besar mengalami tingkat kelelahan dalam kategori sedang dalam pembelajaran daring, yaitu sebanyak 28 orang (46,7%). Hasil tersebut diperkuat dengan hasil Uji spearman rank yang menunjukkan nilai P=<0,001 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kelelahan pembelajaran daring dengan tingkat prestasi. Nilai r atau kekuatan korelasi menunjukkan angka 0,549 yang berarti kekuatan korelasi sedang, dengan arah hubungannya adalah negatif yaitu semakin berat tingkat kelelahannya semakin menurun tingkat prestasi Siswa di MAN 1 Banyuwangi. Kata kunci: Tingkat Kelelahan, Pembelajaran Daring, Prestasi Sekolah, Siswa MAN 1 Banyuwangi

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tingkat Kelelahan, Pembelajaran Daring, Prestasi Sekolah, Siswa MAN 1 Banyuwangi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Ezia Nisa Ezia nisa
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:54
Last Modified: 27 Jan 2021 04:54
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year