Bahtiar, Reza Syehma (2020) Integrasi Pembelajaran Tematik dengan Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primary Teacher Education of IKIP Siliwangi, Indonesia. (Unpublished)
Text
8. REVIEWER.pdf Download (807kB) |
Abstract
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran tematik dengan media tangram dalam peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk tahapan-tahapn penelitian adalah (1) tahap persiapan; (2) tahap analisis; (3) tahap pembuatan instrumen; (4) tahap pengukuran.Subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa sebanyak 30 ( laki-laki = 16 dan perempuan = 14). Sedangkan Lokasi penelitian berada di SDN Babatan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data yaitu observasi dan hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup hasil belajar siswa kelas I SDN Babatan IV Surabaya pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar dan mata pelajaran IPS dengan materi pokok rumah sehat telah mencapai 83,3%. Nilai tersebut dinyatakan berhasil dan telah melampaui batas persentase ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yakni 70%. Keywords Pembelajaran Tematik, Media Tangram, Hasil Belajar.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 05:26 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 05:26 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7643 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year