Studi perbandingan antara hasil pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri Kelas X SMA Sunan Giri Menganti Kabupaten Gresik

Yulianto, Eko Prasetyo (2020) Studi perbandingan antara hasil pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri Kelas X SMA Sunan Giri Menganti Kabupaten Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Laporan Cek Plagiasi.pdf

Download (727kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Yulianto, Prastiyo, Eko. 2020. Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Trigonomerti Kelas 10 SMA Sunan Giri Menganti Kabupaten Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Suarabaya. Pembimbing (I) Meilantifa, S.Pd, M.Pd dan (II) Dr. Heni Sukrisno, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Jigsaw, Pembelajaran Konvensional. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi pembangunan bangsa. Karena itu, hampir semua bangsa menempatkan pembangunan pendidikan sebagai prioritas utama dalam program pembangunan nasional. Sumber daya manusia yang bermutu merupakan produk pendidikan, dan merupakan kunci keberhasilan pembangunan suatu negara. Perkembangan dunia pendidikan semakin kompetitif dan bersaing dalam kompetisinya masing-masing. Lembaga pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan ditanah air tercinta ini, terus berupaya meningkatkan kualitas, baik kualitas administrasi maupun manajemen pengelolah kelas terus berkompetisi. Sistem pendidikan terus diperbaharui demi kelancaran proses pembelajaran khusunya pada belajar matematika. belajar matematika merupakan suatu konsep belajar yang secara sistematis, salah satunya siswa dituntut untuk memahami kondisi konkrit yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah berdasarkan penjelasan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Studi perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri kelas 10 SMA Sunan Giri Menganti Kabupaten Gresik?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui studi perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri kelas 10 SMA Sunan Giri Menganti Kabupaten Gresik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas 10 IPS 1 dan 10 IPS 2 yang berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data memakai uji statistik dengan menggunakan uji Homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dengan > 0,001 > 0,998.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Jigsaw, Pembelajaran Konvensional.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Language and Science
Depositing User: 63 Eko Prastiyo Yulianto UWKS
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:06
Last Modified: 16 Oct 2020 06:06
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year