Analisa tingkat kepuasan pengguna commuter line sebagai transportasi publik di kota Surabaya

Kurniawan, Dani (2018) Analisa tingkat kepuasan pengguna commuter line sebagai transportasi publik di kota Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB) | Preview
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Sebagai moda transportasi umum di Surabaya, commuter line masih dianggap sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Surabaya, karena akses untuk mendapatkan pelayanan transportasi ini sangat sulit, hal itu disebabkan karena rutenya menyesuaikan dengan jalur kereta api. Sehingga pamornya kalah dengan angkutan umum lainnya seperti bus atau bemo. Padahal jika ditelisik lebih jauh, commuter line memiliki banyak kelebihan seperti kapasitas penumpang yang lebih banyak. Sayangnya pelayanan yang ada bisa dinggap seadanya sehingga menimbulkan banyak sekali ketidakpuasan dari para penggunanya. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pengguna Commuter Line Surabaya-Porong. Berdasarkan variabel Servqual yang diteliti, yaitu : responsiveness, reliability, empathy, assurance, dan tangible. Hasil analisa variabel Servqual dengan menggunakan metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan dilakukan uji instrument data, dari hasil jawaban responden dengan menggunakan program SPSS, didapat hasil beda persepsi sebesar 85% sehingga masuk dalam kriteria sangat tidak memuaskan. Sebagian besar mengeluhkan jadwal yang sangat tidak sesuai. Hal ini disebabkan karena jalur commuter line jadi satu dengan kereta lain sehingga harus mengalah dengan kereta yang lebih di prioritaskan seperti kereta ekskutif jarak jauh. Satu-satunya solusi adalah pembangunan jalur terpisah atau double track serta penambahan transportasi yang terintegrasi dengan stasiun commuter line agar masyarakat yang jauh dari akses jalan kereta dapat dengan mudah menjangkaunya Kata Kunci : Analisa kepuasan, metode Servqual, Commuter Line, metode Importance Perfomance Analysis, transportasi publik As a public transportation in Surabaya, the commuter line has not successfully convinced most people in Surabaya to use it yet because the service access is very difficult; the route depends on the railway line. Thus, its popularity loses to other public transportation such as bus or bemo. However, the commuter line has many advantages such as more passenger capacity. Unfortunately its service is considered as on lower position compared to other’s, so that it raises a lot of dissatisfaction from its users. This study aims to analyze the level of user satisfaction towards the Surabaya-Porong Commuter Line based on Servqual variables studied, namely: responsiveness, reliability, empathy, assurance, and tangible. The result of Servqual variable was analyzed using the method of Importance Perfomance Analysis (IPA) and tested by instrument of data, while the answer of respondents was analyzed using SPSS program. The final result revealed that the different perception has 85% which means high unsatisfaction. Most complaints were about the erratic schedule due to the line of the commuter which was aligned with other trains, must be succumbed to the executive train. The only solution is the development of a different track or double track and the addition of integrated transportation at the commuter line station so that people can easily reach it everywhere. Keywords: Satisfaction analysis, Servqual method, Commuter Line, Importance Perfomance Analysis method, public transportation

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisa kepuasan, metode Servqual, Commuter Line, metode Importance Perfomance Analysis, transportasi publik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: Sugiharto .
Date Deposited: 03 Apr 2018 05:41
Last Modified: 03 Apr 2018 05:41
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year