Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah

Arifin, irfan sugianto (2020) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
cover - abstrak.pdf

Download (372kB)
Official URL: http://www.uwks.ac.id

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah Irfan Sugianto 1, Savitri Suryandari 2, Diyas Age Larasati 3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya irfansugianto45@gmail.com1, savitri.suryandari69@gmail.com 2, larasati_age@yahoo.co.id 3 Abstract The goal of learning independence is the curiosity of each student to find new things, which will encourage students to continue to look for problem solving so that in this case the independence of student learning is inseparable from the effectiveness of the learning model applied by the teacher. This research uses library research methods and the type of data used is secondary data. The literature review and from previous research data it can be concluded that inquiry learning towards student learning independence can be applied at school. Keywords : Inquiry Learning Model and Learning Independence Abstrak Tujuan dari kemandirian belajar adalah keingintahuan setiap siswa untuk menemukan hal-hal yang baru, yang akan mendorong siswa untuk terus mencari penyelesaian masalah sehingga dalam hal ini kemandirian belajar siswa tidak terlepas dari efektivitas model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Keterkaitan antara tujuan kemandirian belajar dengan model pembelajaran inkuiri adalah sama-sama untuk memecakan masalah, ketika siswa diberikan tugas dari seorang guru maka siswa sudah memahami materi yang telah diajarkan dan sudah disampaikan secara jelas serta akurat sehingga kegiatan belajar mengajar bisa tercapai dengan maksimal. Kajian pustaka dan dari data hasil penelitian sebelumnnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa bisa diterapkan di sekolah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: 65 Irfan Sugianto Uwks
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:07
Last Modified: 25 Aug 2020 06:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year